Friday, April 27, 2012

Macam-macam pemindah daya pada mobil


Secara konstruksi pemindah daya pada mobil dibagi menjadi 4 , yaitu:



1. Tipe FR ( Front engine Rear Drive )
Pemindah daya tipe ini mentrasfer tenaga mesin ke roda belakang mobil, sementara mesin dipasangkan di bagian depan dari mobil. Jadi hanya roda belakang yang digerakkan oleh mesin , sementara roda depan tidak digerakkan oleh mesin. Konstruksi dari pemindah daya tipe ini terdiri atas kopling - transmisi - propeller shaft - differental (gardan) - rear axle(poros Roda belakang) - roda belakang. Perpindahan tenaga dan putaran mesinnya secara urut dari flywheel ( roda gila) - kopling - transmisi - propeller shaft - differential ( gardan ) - rear axle ( poros roda belakang ) - roda belakang .

2. Tipe FF ( Front engine Front drive)

Pemindah daya tipe ini mentrasfer tenaga dan putaran mesin ke roda depan, sementara roda belakang tidak digerakkan oleh mesin. Adapun mesin terpasang pada bagian depan dari mobil. Konstruksi dan proses pemindahan daya dan tenaga putar mesin pada pemindah daya ini secara urut adalah sebagai berikut; flywheel ( roda gila ) - kopling - transaxle - Front axle( poros roda depan) - roda depan. Transaxle adalah transmisi yang di dalamnya sudah terdapat differential ( gardan )

3. Tipe RR (Rear engine Rear Drive)
Pada tipe pemindah daya ini mesin dipasangkan pada bagian belakang dari mobil dan roda yang digerakkan oleh mesin adalah roda belakang , sedangkan roda depan tidak digerakkan oleh mesin. Urutan proses perpindahan daya dari tipe pemindah daya ini adalah sebagai berikut: flywheel ( roda gila) - kopling - transaxle - rear axle ( poros roda belakang ) - roda belakang.  Sama seperti tipe FF , tipe RR ini memiliki komponen dan proses pemindah daya yang sama, namun hanya letak mesin dan roda yang digerakkkan saja yang berbeda.

4.Tipe 4 WD
Pada tipe ini ke empat roda mobil digerakkan oleh mesin , sementara mesin diletakkan pada bagian depan mobil. Komponen dan urutan proses pemindahan daya tipe ini adalah sebagai berikut ; flywheel( roda gila) - kopling - transaxle - center differential ( gardan tengah) -transfer -  poros roda depan ( front axle) - roda depan , sedangkan dari komponen transfer ini juga putaran dibagi atau diteruskan juga ke propeller shaft - rear differential (gardan belakang ) - rear axle ( poros roda belakang) - roda depan. Jadi semua roda pada mobil akan digerakkan oleh mesin. Pembagian putaran atau pencabangan tenaga putar ini dilakukan oleh komponen transfer.

No comments:

Post a Comment