Tuesday, May 8, 2012

Front Wheel Alignment ( FWA)


Hallo sahabat blogger semuanya, saya kembali menyapa Bagi Anda yang masih baru berkecimpung dalam dunia otomotif , pastinya istilah ini belum pernah Anda dengar. Front Wheel Alignment atau lebih sering dikenal dengan istilah spooring adalah penyetelan roda depan mobil yang bertujuan untuk membuat sistem steering menjadi stabil dan ringan, serta bertujuan untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Penyetelan ini terdiri atas :


1. Toe in atau Toe out
Roda depan mobil baik yang kiri maupun yang kanan sebenarnya tidak sejajar, tapi ada selisih jarak antara bagian depan dengan bagian belakang. ( silahkan Anda lihat gambar dibawah) 
Arah panah depan menunjukkan arah laju kendaraan ke arah depan , jadi gambar diambil dari pandangan atas mobil. Jika nilai A lebih besar dari nilai B disebut dengan toe in . Sementara jika nilai B lebih besar dari nilai A disebut dengan toe out. Selisih jarak bagian depan ( A ) dengan bagian belakang (B) berkisar 2 - 5 mm.

2. Chamber
Roda depan mobil jika dilihat dari bagian depan maka akan nampak bahwa roda sebenarnya tidak tegak menapak pada jalan. Roda depan mobil dibuat miring  keluar pada bagian atas roda depannya , dan hal ini dikenal dengan istilah chamber positif. Untuk roda depan mobil yang dibuat miring keluar pada bagian bawah roda depannya dinamakan chamber negatif. Adapun tujuan dari chamber pada roda depan adalah untuk menghindari ban slip ke arah luar dan memperkecil momen bengkok pada spindle.

3. Caster
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu caster , saya jelaskan dulu arti king pin. Kingpin adalah sumbu  putar utama dari sistem kemudi. Sumbu putar utama kemudi pada mobil terletak pada hubungan antara tie rod end dengan knuckle arm. Sementara sumbu putar utama kemudi pada sepeda motor terletak pada garis tengah dari garpu roda depan. Jika bagian atas dari kingpin miring ke belakang , maka sudut antara kemiringan kingpin dengan sumbu tegak lurus roda terhadap jalan disebut dengan caster. Untuk lebih mudah dimengerti,  anda bisa lihat gambar di bawah ini !
Fungsi dari caster adalah untuk membuat roda kemudi dapat berbalik lurus kembali setelah berbelok , sehingga tanpa memegang roda kemudi maka mobil akan tetap dapat melaju dengan lurus. Caster ada dua macam yaitu caster positif dan caster negatif. Caster positiif adalah posisi kingpin dari kendaraan ( mobil ) miring ke belakang Caster positif adalah posisi kingpin kendaraan yang miring ke depan.


1 comment:

  1. kok yg steering axis inclination/kingpin inclinaton gak ada om

    ReplyDelete