Tuesday, May 15, 2012

Langkah Pembongkaran Suspensi Double Wishbone dengan pegas Daun

Hai sahabat blogger di manapun kalian berada, semoga semangat selalu menyelimuti hari - hari anda. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang langkah-langah dalam membongkar suspensi depan tipe double wishbone dengan pegas daun. Tipe suspensi ini biasanya di gunakan pada mobil jenis komersial, seperti mobil Kijang.
  1. Knuckle arm
  2. Ball joint
  3. Lengan atas
  4. Lengan bawah
  5. Peredam getaran
  6. Pegas daun
  7. Kerangka
  8. Pegas Penahan
  9. Mur Bushing
  10. Batang Engsel




Pembongkaran
  • Kendorkan baut-baut roda depan sebelum mobil di angkat dengan dongkrak,
  • Angkat mobil dengan dongkrak atau pengangkat mobil lainnya,
  • Kemudian pasangkan penyangga (jack stand) pada kerangka yang kokoh dengan posisi yang benar.
  • Lepas roda depan.
  • Lepas tromol dan plat pembawa (bila rem cakram, lepas kaliper rem). Catatan: tidak perlu melepas slang rem. Kaliper dan plat pembawa harus diikat pada rangka.
  • Lepas baut pengunci ball joint tie – rod,
  • Lepas ball joint tie – rod dengan menggunakan alat khusus “tracker ball joint”.
  • Lepas peredam getaran.
  • Lepas stabilisator bila ada.
  • Angkat dan tumpu lengan bawah suspensi dengan dongkrak, agar ball joint bawah bebas.
AWAS: Mobil jangan sampai terangkat!
  • Lepas pin pengunci dan mur, kemudian dengan menggunakan alat khusus “tracker ball joint” bukalah ball joint bawah.
  • Lepas ball joint atas dengan cara yang sama seperti melepas ball joint bawah.
  • Lepas knuckle arm.
  • Turunkan dongkrak pelan – pelan sampai pegas daun bebas.
  • Longgarkan mur penahan baut batang engsel atas suspensi.
  • Lepas shim penyetel camber / caster.
Perhatikan!
Shim penyetel jangan sampai hilang dan Catat posisi dan ukur ketebalan shim penyetel, agar sudut camber / caster tidak berubah.
  • Lepas lengan atas suspensi dan beri tanda (kanan atau kiri) pada batang engsel dengan lengan.
  • Lepas ball joint lengan atas suspensi.
  • Lepas nipel dan mur bushing batang engsel pada kedua ujung lengan atas.
  • Keluarkan batang engsel dan karet penutup debu.
  • Lepas lengan bawah suspensi. Hal yang membedakan pada batang engsel tidak ada shim penyetel dan ball joint diikat dengan baut.
  • Lepas pegas daun.
Demikian penjelasan saya tentang langkah – langkah pembongkaran suspensi depan tipe Double Wishbone dengan Pegas Daun. Jika banyak salah dan kekurangannya saya minta maaf. Maklum, masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran anda saya tunggu di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment