Wednesday, June 27, 2012

Perbedaan motor Injeksi dan Karburator



Kebetulan yang ditanyakan dalam topik ini adalah tentang perbandingan keiritan penggunaan bahan bakar antara sepeda motor injection dengan sepeda motor karburator. Untuk itu , maka saya akan jelaskan dan bagi - bagikan untuk para pembaca sekalian mengenai jawaban atas pertanyaan topik tersebut.


Teknologi injection pada sepeda motor adalah bukan hal yang baru , karena teknologi ini sudah terlebih dahulu digunakan pada mobil. Teknologi injection adalah pengaturan pemasukkan bahan bakar ( bensin ) ke dalam ruang bakar dengan cara disuntikkan atau disemprotkan. Pada sepeda motor penyemprotan bensin ini dilakukan pada saluran masuk . Penyemprotan bensin ini sudah diatur secara komputerisasi , melalui perhitungan beberapa  komponen - komponen electronika , yang mana semua input putaran mesin dan jumlah udara yang masuk terbaca oleh sensor - sensor dari komponen sistem injection. Sensor - sensor yang membaca putaran mesin dan jumlah udara itu , akan mengirim kan hasil pembacaannya , untuk kemudian dihitung dan diolah dalam komponan utama dari injection itu , yaitu ECU . ECU inilah yang kemudian akan menentukan jumlah bensin yang akan dikabutkan atau disemprotkan ke dalam saluran masuk.

Berbeda dengan pemasukkan bensin pada sepeda motor yang menggunakan karburator , adalah jumlah pemasukkan bensin ditentukan dengan kevakuman yang terjadi didalam barrel dari karburator. Kevakuman ini akan sangat berbeda - beda tergantung dengan besarnya volume silinder dan kecepatan putaran mesin. Semakin besar kevakuman yang terjadi , maka akan semakin besar pula bensin yang terhisap masuk ke dalam ruang bakar.

Pada sepeda motor dengan karburator , jumlah bensin yang masuk , belum tentu semuanya terbakar. Hal ini akan membuat ada bensin yang sia - sia , karena tidak terbakar , yang berakibat tidak ada tambahan ledakkan karena ada bensin yang tidak terbakar. Selain itu bensin yang tidak terbakar ini akan menimbulkan asap yang berakibat pada polusi udara yang tidak baik , alias beracun. Untuk itulah maka teknologi injection mulai diterapkan pada kendaraan - kendaraan , khususnya dalam topik ini adalah sepeda motor.

Dengan teknologi injection , maka tidak ada bensin yang sia - sia saat terbakar di dalam ruang bakar , sehingga dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Selain itu juga emisi gas buang yang dihasilkan dari knalpot akan tetap ramah lingkungan , karena tak ada bensin yang tidak terbakar dalam proses pembakaran di mesin.

Demikianlah penjelasan saya mengenai perbandingan antara sepeda motor injection dengan sepeda motor karburator, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam hal rem tromol. Kritik dan saran Anda sangat saya harapkan dalam penyempuranaan isi dari blog ini. Dan terima kasih juga atas kunjungannya ke blog ini.

6 comments:

  1. karburator vs injeksi, di motor 2012 mulai tergeser beralih ke system injeksi. lihat contoh motor injeksi dari yamaha:
    Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem injeksi membuat pembakaran lebih eifisien.

      Delete
  2. SYSTEM INJECTION / jet fuel injection.
    mulai menggantikan dan menggeser teknologi karburator. tapi teknologi karburetor mempunyai keunggulan tersendiri yaitu mudah di bongkar dan perawatan gampang, setinggan di jet pilot dapat memilih semua putaran motor yang di inginkan.
    Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
    l Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
    Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
    Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, sistem injeksi teknologi baru yang perlu di coba.

      Delete
  3. tetep aja kalah sama motor yg pke karbulator...

    ReplyDelete