Saturday, June 23, 2012

Tangki Bensin


Sekarang saya akan menjelaskan konstruksi dari tangki bensin pada mobil. Pada mobil letak tangki biasanya diletakkan pada bagian belakang mobil , peletakkan tangki ini umumnya jauh dari mesin. Adapun tujuan peletakkan tangki jauh dari mesin adalah untuk faktor keamanan agar tangki tidak meledak karena adanya panas mesin. Maka itulah tangki sengaja diletakkan jauh dari mesin.Perancangan tangki bahan bakar pada mobil pun tidaklah sederhana, tangki bensin ini dibuat atas dasar perancangan yang matang. Ini semua bertujuan agar tangki aman dan permukaan bensin dalam tangki tetap stabil , walaupun mobil sedang dalam posisi jalan yang tidak rata. Jika mobil melalui jalan yang tidak rata , maka bensin dalam tangki akan terombang - ambing yang mengakibatkan penyedotan bensin dari tangki akan terganggu, dan berakibat mesin akan tidak stabil hidupnya atau bahkan mesin dapat mati. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar konstruksi tangki bensin mobil dan baca penjelasan saya tentang konstruksi tangki bahan bakar di bawah ini.
Konstruksi tangki bensin  mobil adalah :
  • Separator adalah komponen dari tangki bahan bakar yang gunanya menjaga kerataan permukaan bensin dalam tangki di saat mobil mendapat kejutan karena jalan yang tidak rata , serta pada saat jalan menurun atau menanjak.
  • Lubang masuk bensin adalah komponen dari tangki bensin yang menjadi saluran masuk dari tangki pada saat melakukan pengisian bensin ke tangki.
  • Selang udara adalah komponen tangki yang berguna untuk memudahkan pengisian bensin ke tangki bensin. Selang udara ini berguna sebagai ventilasi saat pengisian bensin dilakukan.
  • Fuel gauge sender unit adalah komponen dari tangki bensin yang berguna sebagai indikator untuk mengetahui jumlah bensin dalam tangki bensin, yang di mana pengemudi dapat melihatnya dari dashboard. Atau bisa dikatakan fuel gauge adalah sensor untuk mengetahui jumlah bensin dalam tangki.
  • Saringan adalah komponen dari tangki bensin yang berguna untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam bensin sebelum masuk ke dalam fuel inlet tube.
  • Fuel inlet tube adalah komponen dari tangki bensin yang berguna sebagai saluran keluar bensin untuk dialirkan ke karburator
  • Saluran kembali adalah komponen dari tangki yang berguna sebagai saluran pengembalian bensin dari pompa bensin atau dari karburator , bila karburator sudah penuh dengan bensin. 
  • Sub tank adalah tangki kecil dalam tangki bensin yang berguna untuk membentuk ruang bagi bensin agar tidak terjadi kekosongan bensin yang akan disedot melalui saringan. 
  • Drain plug adalah komponen berupa baut yang berguna untuk membuka saluran pengurasan tangki bensin pada bagian bawah tangki.
Demikianlah penjelasan saya mengenai Tangki Bensin, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam hal system bahan bakar konvensional. Kritik dan saran Anda sangat saya harapkan dalam penyempuranaan isi dari blog ini. Dan terima kasih juga atas kunjungannya ke blog ini.

2 comments:

  1. mungkin ini cocok dengan pengalaman saya, bensin tumpah pas ngisi. karena ventilasi kurang sip. thanks for sharing....

    ReplyDelete