Thursday, September 27, 2012

Tipe Karburator dilihat dari arah masuk campuran


Hai sahabat blogger, jumpa lagi dengan saya dalam artikel ini. Kali ini saya akan menjelaskan tentang tipe - tipe karburator jika dilihat dari arah masuknya campuran udara dan bahan bakar.
Dilihat dari arah masuk campuran udara dan bahan bakar :
1)           Karburator arus turun
    



Gambar 12. Karburator arus turun
Pada karburator arus turun, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar adalah ke bawah (down draft). Karburator jenis ini banyak digunakan karena tidak ada kerugian gravitasi.
2)           Karburator arus datar

          Gambar 13. Karburator arus datar
Pada karburator arus datar, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar adalah ke samping (side draft). Karburator tipe ini pada umumnya digunakan pada mesin yang memiliki output yang tinggi.
Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog saya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang sistem bahan bakar pada mobil tipe bahan bakar konvensional.

Tuesday, September 25, 2012

Sistem Stasioner dan Kecepatan lambat


Hai sahabat blogger dimanapun anda berada, saya kembali menyapa anda dalam artikel saya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Sistem Stasioner dan Kecepatan lambat pada karburator.

Gambar 18. Sistem stasioner dan kecepatan lambat
Pada saat mesin berputar stasioner, bahan bakar mengalir dari ruang pelampung melalui primary main jet, kemudian ke slow jet, economizer jet, dan akhirnya ke ruang bakar melalui idle port.

Wednesday, September 12, 2012

Steering Linkage


 
Nama-nama bagian
1.      Lengan pitman                                                      5. Lengan penghubung
2.      Lengan knockle                                                     6. Gigi kemudi
3.      Tie rod                                                                   7. Sambungan bola
4.      Lengan idler                                                          8. Mur dan pengunci sambungan bola

Keuntungan  :
·           Getaran dapat diredam dan mampu mengimbangi kerja suspensi
·           Lebih ringan

Kerugian  :
·           Rumit
·           Mahal

Tuesday, September 11, 2012

kompresor


 1. Prinsip Kerja

Kompresor adalah peralatan mekanik yang digunakan untuk memberikan energi kepada fluida gas/udara, sehingga gas/udara dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain secara kontinyu.

Penambahan energi ini bisa terjadi karena adanya gerakan mekanik, dengan kata lain fungsi kompresor adalah mengubah energi mekanik (kerja) ke dalam energi tekanan (potensial) dan energi panas yang tidak berguna.
Sedangkan kompresor sentrifugal, termasuk dalam kelompok kompresor dinamik adalah kompresor dengan prinsip kerja mengkonversikan energi kecepatan gas/udara yang dibangkitkan oleh aksi/gerakan impeller yang berputar dari energi mekanik unit penggerak menjadi energi potensial (tekanan) di dalam diffuser.

2. Karakteristik
Karakteristik kompresor sentrifugal secara umum sebagai berikut :
- Aliran discharge uniform.
- Kapasitas tersedia dari kecil sampai besar.
- Tekanan discharge dipengaruhi oleh density gas/udara.
- Mampu memberikan unjuk kerja pada efisiensi yang tinggi dengan beroperasi pada range tekanan dan kapasitas yang besar.